BerandaNasionalBanjir Rob Rendam Puluhan Rumah di Landangan

Banjir Rob Rendam Puluhan Rumah di Landangan

Narasinews.idSITUBONDO – Banjir rob disertai dengan angin kencang melanda dua dusun, yakni Dusun Laok Bindung dan Pesisir Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, Kamis (16/6/2022).

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo Puriyono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. “Saat kejadian gelombang air laut di dua Dusun itu sekitar 3 meter,” ucapnya.

Lebih jauh, Puriyono menyampaikan, total ada 74 rumah warga di dua dusun tersebut yang terendam air dengan ketinggian di halaman rumah sekitar 30 hingga 40 sentimeter. “Sementara itu, di dalam rumah ketinggian air sekitar 30 sentimeter,” tambahnya.

Untuk di Dusun Laok Bindung ada 71 rumah warga yang terendam air laut. Dengan rincian rusak berat 1 rumah dan 3 rusak ringan (bagian dapu, red).

“Rumah yang kemasukan air ada 67, sehingga total 71 rumah,” imbuh Puriyono.

Sementara itu, lanjut Puriyono, di Dusun Pesisir ada 3 rumah warga yang terdampak banjir rob. “Rumah rusak berat ada 2, dan yang rusak ringan 1 rumah,” bebernya.

Masih kata Puriyono, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. Namun total kerugian materil akibat bencana itu mencapai Rp23 juta.

“Dengan rincian, Saiful Bahri dan Sanu, masing-masing mengalami kerugian sekitar Rp10 juta. Untuk Suni mengalami kerugian kurang lebih Rp3 juta,” pungkasnya.

Tak hanya itu, banjir rob juga merusak tangkis penahan air sepanjang kurang lebih 8 meter. “Namun Alhamdulillah sekitar pukul 12.30 WIB, air laut mulai surut dengan sendirinya,” tutupnya. (ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular