BerandaNasionalAjak Pariwisata Daerah Bangkit, Komisi X DPR RI Dorong Integrasi Pariwisata

Ajak Pariwisata Daerah Bangkit, Komisi X DPR RI Dorong Integrasi Pariwisata

Narasinews.idLUMAJANG – Setelah dua tahun industri pariwisata dihantam gelombang pandemi Covid-19, kini momentum pelaku usaha pariwisata bangkit karena Covid melandai.

Pemerintah saat ini menggencarkan percepatan ekonomi berbasis pariwisata yang digadang akan menambah devisa negara sebanyak Rp1300 triliun.

Anggota Komisi X DPR RI Muhammad Nur Purnamasidi mengatakan masa transisi dari pandemi menuju endemi ini telah disepakati oleh pemerintah dengan DPR untuk menggenjot pemasukan negara melalui industri pariwisata.

Salah satunya dengan mengintegrasikan spot wisata dari satu desa ke desa lain menjadi satu paket perjalanan wisata yang setiap tempat diharapkan mampu menonjolkan keunikan sendiri.

“Proses integrasi ini bahkan tidak hanya dalam satu kota atau kabupaten, tapi bisa antar kota, sehingga keunikan dan kearifan lokal setiap daerah bisa muncul,” kata Bang Pur sapaan akrab Purnamasidi di sela Safari Ramadan di Lumajang, Senin (25/4/2022).

Selain itu, digalakkannya program CHSE yang telah diluncurkan Kemenparekraf tahun lalu juga perlu dilakukan untuk bisa membuka zona wisata dengan longgar.

Untuk itu, kini pihaknya tengah melakukan konsolidasi dengan pemerintah daerah untuk memulai memetakan potensi pariwisata dan budaya yang dimiliki sehingga tidak sampai terdapat kesamaan dengan daerah lain.

Menurutnya, dengan keunikan daerah yang dimiliki bukan menjadikan daerah tersebut menjadi tertinggal, namun semakin mempunyai nilai jual yang diminati wisatawan mancanegara.

“Target besarnya kan bagaimana industri pariwisata ini bisa memiliki nilai jual dimata wisatawan mancanegara, jadi keunikan itu perlu ditonjolkan,” tambahnya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang sedang melakukan pemetaan potensi daerah yang memiliki nilai jual wisata.

Yuli menuturkan jika pihaknya juga sedang meAnggota Komisi X DPR RI, M. Nur Purnamasidi saat mengunjungi Wisata Ranupane Lumajang. (Miftahul Huda/Narasinews.id)yusun beberapa rencana membuka spot wisata baru salah satunya adalah street heritage di Lumajang.

“Saya itu ingin di Lumajang ada semacam street heritage, jadi bisa sambil nostalgia dan bercerita sejarah tempat ini, tentu nanti akan kita integrasikan dalam satu paket perjalanan wisata yang telah kita miliki,” ungkapnya.(hud/ism)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular