Berita  

Admindukcapil Jember Sasar Pesantren

Narasinews.id
Kantor Dispendukcapil, Jalan Jawa, Nomor.18, Dusun Tegal Boto Lor, Desa/Kecamatan Sumbersari. (Narasinews.id)

Narasinews.idJEMBER – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember tidak hanya mengupayakan kemudahan bagi masyarakat umum saja. Melainkan juga bagi warga yang ada di pondok pesantren (Ponpes) di wilayah setempat.

Itu sebabnya, Dispendukcapil Jember bakal menyasar beberapa Ponpes untuk lemayani para santri terkait Administrasi Kependudukan (Adminduk). Salah satunya Ponpes Mahfilud Dhuror, Desa Suger, yang berada di perbatasan Kabupaten Jember dan Bondowoso.

banner 400x130

Kasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember, Agus Khusnul Mufid mengatakan, pihaknya sudah menginfokan kepada Kecamatan untuk melakukan layanan Adminduk di Ponpes yang diasuh oleh KH. Ali Wafa tersebut.

“Di Pesantren Desa Suger, Gus Ali, kemarin kita sudah infokan ke Kecamatan bahwa nanti malam (20/6/2022) akan sowan ke Gus Ali. Karena kebetulan Rabu ada KBIH. kita juga akan mengikuti juga,” ucapnya.

Diketahui bersama bahwa santri sangat terikat dengan aturan Pesantren. Sehingga mereka tidak bisa kemana-mana. Itu sebabnya, Dispendukcapil memberikan perhatian penuh agar mereka juga menikmati kemudahan pelayanan.

“Daripada anak-anak santri repot-repot ke Kecamatan, lebih baik kita datangi mereka. Seperti pelayanan KIA, perekaman KTP, dan yang lainnya dilakukan disana,” imbuhnya.

Kata Mugid, pihaknya sengaja masuk pada sisi-sisi yang memang selama ini mungkin belum pernah dimasuki. Tentu ada nuansa yang lain dalam pelayanan.

“Di pesantren itu kan belum pernah (layanan Adminduk -red). Padahal santri tidak bisa keluar kemana-mana. Yasudah kita yang kesana saja,” pungkasnya. (nul/ros)

banner 400x130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.