BerandaNasionalAda Wisma Damai, Kasus Pidana di Bawah 5 Tahun Bisa Selesai di...

Ada Wisma Damai, Kasus Pidana di Bawah 5 Tahun Bisa Selesai di Desa

Narasinews.idBONDOWOSO – Para pelaku pidana dengan ancaman hukuman di bawah 5 tahun berpotensi tidak dipenjara. Sebab Kejaksaan Negeri Bondowoso telah melaunching Wisma Adil dan Damai Bersama di Balai Desa Koncer Kidul.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bondowoso, Puji Triasmoro, menegaskan bahwa Wisma Adil dan Damai merupakan bentuk restorative justice (keadilan restoratif) terhadap pihak-pihak yang berperkara. Hal tersebut merupakan bentuk pengaplikasian dari Peraturan Kejaksaan nomor 15 tahun 2020 tentang penghentian penuntutan dengan restorative justice.

“Bagi masyarakat yang sedang bermasalah dengan hukum atau berperkara, yang mana kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan, maka tidak harus datang ke Kejaksaan. Kita buat rumah damai di balai desa dengan tujuan kasus yang ancamannya tidak lebih dari 5 tahun dan kerugian korban tidak lebih dari 2,5 juta, bisa di selesaikan dengan cara mediasi di desa,” jelasnya.

Dalam mediasi tersebut, pihak Kejaksaan tentu akan datang ke desa. Mereka akan mencoba mendamaikan.

“Sehingga tercipta suana yang damai, tidak ada dendam lagi. Jadi kita libatkan semua pihak,” ucap Puji.

Sementara itu, ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir, mengapresiasi langkah Kejaksaan Negeri atas upaya dalam menciptakan perlindungan dan perdamaian di tengah masyarakat. Khususnya bagi pihak-pihak yang berperkara.

“Rumah damai di balai desa ini adalah tempat orang yang berperkara. Nanti bisa dimediasi di desa. Tapi jangan dimaknai penyelesaian di luar peradilan, tapi hal ini mengedepankan kekompakan, kerukunan untuk masyarakat,” kata Dhafir.

Ketua DPRD berharap, pemerintah bisa hadir. Terutama menyangkut persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Di saat pemerintah hadir, maka masyarakat merasa dilindungi dan diayomi.

“Saya atas nama rakyat mengucapkan terimakasih pada Kejari. Hal ini dilakukan semata-mata ingin melindungi masyarakat, menciptakan rasa adil dan damai bagi seluruh masyarakat Bondowoso,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir Sekda Bambang Soekwanto, Kalapas klas IIB, Kadis PMD, Polres, Dandim dan Kepala Desa se-Kecamatan Tenggarang.(bay/liz)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular