BerandaNasional5 Bulan Pasca Launching, Manfaat J-Lahbako Mulai Dirasakan Warga Jenggawah

5 Bulan Pasca Launching, Manfaat J-Lahbako Mulai Dirasakan Warga Jenggawah

Narasinews.idJEMBER – Pasca launching aplikasi J-Lahbako yang dilakukan kali pertama di Desa Kemuningsari, Kecamatan Jenggawah, 5 bulan lalu kini membuahkan hasil.

Betapa tidak, aplikasi yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Jember dengan berbagai fitur itu dapat mempermudah warga dalam mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Sekretaris Desa (Sekdes) Kemuningsari, Luluk Farida mengatakan, dengan adanya J-Lahbako itu warga tidak perlu repot-repot lagi pergi ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus Adminduk. Sebab di desa setempat sudah bisa melakukan layanan itu.

“Jadi untuk pembuatan kartu keluarga (KK), akta kematian, akta kelahiran, surat keterangan (Suket), dan yang lainnya cukup di desa saja. Sehingga tidak perlu ke kecamatan apalagi kantor Dispendukcapil,” ucapnya kepada Jurnalis Narasinews.id, Senin (13/6/2022).

Aplikasi J-Lahbako

Selain itu, kata Luluk, aplikasi J-Lahbako juga bisa meminimalisir warga yang menggunakan jasa atau calo untuk permohonan Adminduk. Sebab, pasca launching aplikasi J-Lahbako, pemerintah desa dengan tegas menolak permohonan Adminduk yang memakai jasa. Sehingga pemohon wajib datang ke Kantor Desa.

“Jadi tidak boleh diwakilkan ke pihak lain. Kalaupun mau minta bantuan untuk mengurus Adminduk itu ke RT/RW saja. Mereka tidak mungkin memungut biaya. Soalnya sudah dapat intensif dari Pemkab Jember. Sedangkan kalau ke calo itu mereka bayar. Mulai dari Rp300 sampai Rp500 ribu. Bahkan ada yang bayar lebih,” ungkapnya.

Tindakan Pemdes Kemuningsari enggan melayani Adminduk lewat calo itu bukan tanpa alasan. Melainkan karena banyak sekali akta dan KK yang palsu lantaran menggunakan jasa itu. Nilai plusnya, palsunya akta atau KK dapat teridentifikasi oleh aplikasi J-Lahbako.

“Kalau aktanya palsu, itu saat entry ke J-Lahbako tidak bisa. Ditolak otomatis oleh program. Sehingga mereka harus mengajukan pembuatan akta lagi. Prosesnya dari awal lagi,” ujarnya.

Imam Rofi’i, operator J-Lahbako Desa Jatimulyo, juga mengatakan hal senada dengan Sekdes Kemuningsari. Menurutnya, hadirnya J-Lahbako bisa meningkatkan pelayanan terhadap warga yang hendak mengurus Adminduk.

“Sayangnya untuk ngurus KIA (Kartu Identitas Anak, red) dan KTP (Kartu Tanda Penduduk, red) masih belum bisa dilakukan di desa. Soalnya menggunakan alat khusus. Di Desa belum punya alatnya. Mudah-mudahan suatu saat alatnya tersedia. Supaya warga semakin mudah,” imbuhnya.

Selain kemudahan yang disuguhkan, apakah ada kendala atau gangguan terkait aplikasi J-Lahbako?

Kaur Umum, sekaligus operator J-Lhabako Desa Kemuningsari, Ayu Kusuma, menuturkan terkait teknis memang ada sedikit kendala yang mengganggu.

Yaitu bagi pemohon pengurusan Adminduk yang baru datang ke desa, atau pindahan dari desa lain, nomor Kartu Keluarga (KK) maupun Nomor Induk Keluarga (NIK) tidak bisa diinput.

Soalnya nomor KK ikut ke desa asal. Sementara satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah harus entry di kecamatan.

“Itu sedikit merepotkan kami. Namun selebihnya aplikasi J-Lahbako sudah bagus dan cukup membantu. Tinggal bagaimana kita menggunakannya,” pungkasnya.

Di lain kesempatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Isnaini Dwi Susanti menyampaikan, pihaknya melakukan berbagai inovasi untuk penunjang kinerja pelayanan Adminduk. Terutama bagi masyarakat yang berada di pedesaan dan kesulitan dalam mengurus Adminduk.

“Kami juga melayani secara online. Jadi warga cukup memanfaatkan HP saja. Dan bisa dilakukan di rumah saja. Gak perlu datang ke Kantor Dispendukcapil lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Senin (14/2/2022) Dispendukcapil melaunching aplikasi J-Lahbako pertama kali di Desa Kemuningsari, Kecamatan Jenggawah. Aplikasi tersebut dirancang untuk memberikan kemudahan dan pelayanan prima terhadap warga yang hendak mengurus Adminduk. (Adv/nul/ros)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular