Heboh, Pria Misterius Serang Mapolres Lumajang

  • Share
Pria serang Mabespolri Lumajang
Suasana tegang penyerangan Mapolres Lumajang, Kamis (13/1/2022). (Foto : Screen Capture video unggahan instagram @magelang_raya)

Narasinews.idLUMAJANG – Sesosok pria misterius menerobos masuk ke halaman Mapolres Lumajang sambil mengacungkan senjata tajam (Sajam) dan menantang polisi, Kamis (13/1/2022) pagi.

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. “Saat itu anggota saya sedang melaksanakan apel pagi di halaman Mapolres setempat,” ujarnya.

AKBP Eka Yekti mengatakan, pria berbaju biru tersebut masuk bersama sekumpulan warga yang hendak melakukan proses pengaduan dan pelayanan ke Mapolres Lumajang. “Saat ini pelakunya sudah diamankan dan telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas kami,” tambahnya.

Penyidikan Pria Misterius

AKBP Eka Yekti mengungkapkan, dari hasil penyelidikan, didapati pria tersebut berinisial R, warga Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir. Diketahui pelaku merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). “Dugaan awal, yang bersangkutan telat mengkonsumsi obat. Hal tersebut diperkuat dengan adanya surat keterangan dari puskesmas bahwa pria itu menderita skizofrenia,” bebernya.

Lebih lanjut, AKBP Eka Yekti menyampaikan, beruntung peristiwa tersebut tidak terjadi di tengah-tengah masyarakat. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. “Untungnya dia menyerang Mapolres. Jadi bisa langsung kita tangani,” imbuhnya.

AKBP Eka Yekti menerangkan, saat ini pria tersebut sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit untuk kemudian di rawat di rumah sakit jiwa (RSJ). ‚ÄúSekarang sudah di rumah sakit, dan masih diproses untuk meminta surat rujukan ke rumah sakit jiwa,” pungkasnya.

Sekedar informasi, dikutip dari situs Alodokter.com, Skizofrenia adalah gangguan mental yang dapat memengaruhi tingkah laku, emosi, dan komunikasi. Penderita Skizofrenia dapat mengalami halusinasi, delusi, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku.

Penyebab Skizofrenia sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, ada faktor yang diduga dapat meningkatkan terjadinya Skizofrenia, di antaranya faktor genetik dan pengaruh lingkungan.

Sebelumnya, beredar video singkat berdurasi 01.13 menit yang diunggah pertama kali oleh akun instagram @magelang_raya. Terlihat seorang pria berbaju biru menerobos masuk ke halaman Mapolres Lumajang sambil mengacungkan senjata tajam kepada polisi. Tak hanya itu, dalam video tersebut nampak pria tersebut menantang salah seorang polisi. Mengetahui hal tersebut, polisi yang lain langsung mengepung dan mencoba mengamankan pria itu dengan tindakan terukur. (hud/ros).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *