Dihantam Gelombang Tinggi, Perahu Nelayan Situbondo Tenggelam di Perairan Mimbo

  • Share
Perahu Nelayan Situbondo Tergelam
Personel BPBD Situbondo dan anggota TNI-AL saat berada di bibir pantai Mimbo, Jumat (14/1/2022). Mereka bersiap membantu proses evakuasi para ABK perahu Slerek bernama Rampok Jaya yang tenggelam. (Foto : BPBD Situbondo for Narasinews.id)

Narasinews.idSITUBONDO – Sebuah perahu jenis Slerek yang bernama Rampok Jaya, milik Masirun (57), warga Dusun Mimbo Timur, RT/RW : 03/02, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, tenggelam di perairan Mimbo, Situbondo, Jumat (14/1/2022).

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. “Perahu tersebut berangkat melaut pukul 01.00 WIB, untuk mencari ikan di perairan Mimbo. Lokasinya sekitar 1 Mil dari daratan, dengan membawa 15 anak buah kapal (ABK),” ujarnya.

Puriyono mengungkapkan, saat perahu mendekati lokasi, tiba-tiba angin kencang dan gelombang tinggi datang. Sehingga mulai kehilangan keseimbangan dan miring, hingga air laut yang mulai masuk ke lambung perahu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Puriyono menerangkan, sekitar pukul 05.00 WIB, badan perahu sudah dalam keadaan terbalik dan mulai tenggelam. “Para nelayan berpegang pada badan perahu dan benda-benda yang bisa menyelamatkan mereka,” imbuhnya.

Puriyono menjelaskan, sekitar pukul 06.00 WIB, datang perahu nelayan lain yang kebetulan melintas di perairan tersebut. “Sehingga para ABK langsung ditolong. Kemudian mereka dibawa ke daratan,” bebernya.

Puriyono menyampaikan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa tersebut. “Namun perahu beserta perlengkapan pancing mengalami kerusakan. Sehingga total kerugian yang diderita korban sekitar Rp 250 juta,” pungkasnya.

Puriyono menghimbau, kepada para nelayan Situbondo untuk lebih meningkatkan kewaspadaan saat melaut mencari ikan. “Sebab kondisi cuaca sering berubah-ubah dengan cepat. Sehingga itu bisa mengancam mereka,” tutupnya. (ros).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *